Sabtu, 01 Desember 2007

SEJARAH PPS PANDAWA




PPS PANDAWA atau singkatan dari Perguruan Pencak Silat PANDAWA, yang mana arti dari PANDAWA itu sendiri adalah singkatan dari bahasa Sunda : Pamili Anu Nungtut Dialajar Walagri Ati, Pusat berdirinya adalah kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia. PPS PANDAWA atau yang biasa disebut PANDAWA ini adalah salah satu dari budaya asli Negara Indonesia, berupa olah gerak dan pernapasan khas untuk mencapai satu tujuan dari PANDAWA itu sendiri, adalah untuk membentuk manusia yang WALAGRI ATI. Yang dimaksud dengan Manusia Walagri Ati itu adalah Manusia yang berfikir, bertindak, dan berperilaku suci.
RIWAYAT PERGURUAN PPS PANDAWA
Cikal bakal serta kehadiran "PPS PANDAWA" yang bersumber keilmuan dari Pusat Perguruan di Lengkong, Tasikmalaya, Jawa Barat, tidak lepas dari keberadaan "Paguron Abah Abad" di Lengong jaman dahulu. Bahkan jurus-jurus dasar yang diajarkan di Perguruan tersebut, yaitu : "Getret, Cimande dan Tantungan Leuleus" menjadi jurus pokok yang diajarkan dalam PPS PANDAWA sampai saat ini. Paguron tersebut dipimpin oleh Abah Abad, dengan murid-muridnya antara lain waktu itu adalah : Abah Kanta (wakil Abah Abad), Abah Salnan, Achdi Subadi, Lili, Wachdi, Aceng, Udin, Oo Taryo, Endo, Uwar Suwarna, Djayo Sukirman, Andi, Doyo, Wachya, dan lain-lain.
Tahun 1935 telah muncul gagasan untuk memberi nama Perguruan tersebut "PPS PANDAWA" yang bertopang pada 5 (lima) kader Perguruan waktu itu, yang diprakarsai oleh Abah Salnan bersama Achdi Subadi, Kanta, Aceng dan Udin. Pada perkembangan berikutnya, masih tahun 1935, untuk menghindari kultus individu, maka orientasi nama PANDAWA bukan kepada  5 orang tokoh sesepuh/kader waktu itu, tapi lebih diarahkan kepada pembinaan/pembentukan manusia yang berhati bersih, sehat jasmani dan rohani, sehingga nama PANDAWA diartikan sebagai singkatan dari "Pamili Anu Nungtut Di Alajar Walagri Ati". Hal tersebut diprakarsai oleh Abah Salnan, Achdi Subadi, Uwar Suwarna, Oo Taryo dan Endo.
Tahun 1975 Abah Abad, Abah Kanta, Udin dan Aceng pindah dari Lengkong, maka secara penuh Perguruan dipercayakan kepada Abah Salnan, Achdi Subadi, Oo Taryo, Uwar Suwarna dan Endo untuk diterus kembangkan hingga sekarang.






Kunjungi juga kami di www.ppspandawa.com

21 komentar:

belenk mengatakan...

Assalamu alaikum mewakili guru kami , kami murit2 pps pandawa rating tanjung uban kepri mengucapkan salam hormat , senang sekali rasanya menemukan blog ini

belenk mengatakan...

Assalamu alaikum , salam dari kami murit2 dari pps pandawa rating tanjung uban saya pribadi sangat senang liat blog ini

Anonim mengatakan...

Hai met kenal! Blognya bagus!
Mau duit gratis? Silahkan klik di sini!

PPS PANDAWA mengatakan...

Assalamu'alaikum Warahmatullah Wabarakatuh.
Salam PANDAWA Mas Belenk,
Mas Bagaimana kabar anggota PPS PANDAWA di ranting Tanjung Uban, saya bisa diberi informasi mengenai kegiatan, susunan kepengurusan, dan jadwal latihan, serta alamat surat-menyurat atau leway email yang mana ?.
Agar kita bisa saling berhubungan.
Terimakasih sebelumnya.
Wassalamu'alaikum Warahmatullah Wabarakatuh.

PPS PANDAWA mengatakan...

Mas Belenk bisa kirim email ke saya :
hermansyah2000@yahoo.com
hermansyah2000@ppspandawa.com

belenk mengatakan...

Alaikum mussalam mas herman senang rasanya mas herman merespon kami secara garis besar kegiatan kami di tanjung uban masih aktif guru kami bpk m.nur.wr pelatih kami bpk anwar dan bpk buyung.kami latihan rutin pada malam senen dan malam kamis dan untuk anak sekolah biasanya minggu pagi senang berkomunikasi dengan saudara yg jauh (sumpah janji ke 4 ya mas ) hehehe untuk komunikasi ke email saya boleh mas di mappi772002@yahoo.com.sg atau belenk@gawab.com juga di belenk@gmail.com,photo kegiatan dan struktur organisasi lengkapnya nanti saya kirim via email ya mas soalnya saya mesti ijin dulu sama guru makasih mas ditunggu info2nya

belenk mengatakan...

oya mas ampir lupa kalo gak salah admin www.ppspandawa.com mas herman ya mantap mas tp kalo ditambah forum lebih mantap lagi mas hehehehe maaf ya mas

ips3 mengatakan...

pak. kopk pertanyaan di websitenya pps pandawa g pernah dibalas???

trimaksih

Zhani Ashsegaff mengatakan...

asslm....
salam pendekar!
sebelumnya saya senang sekali bisa mendapatkan blog ini.
salam persaudaraan dari anggota pps pandawa yang ada di sumatera barat.
kususnya ranting mungo

Zhani Ashsegaff mengatakan...

maksih y...

Zhani Ashsegaff mengatakan...

salam pendekar!!
terlebih dahulu salam dari keluarga pps pandawa yang ada di sumatera barat...khususnya ranting mungo.kabupaten lima puluh kota.

sper3099 mengatakan...

Salam Walagri Ati....saudara2 anggota PPS PANDAWA, silahkan juga gabung dengan akun2 kita di Face Book.
Dengan foto dan video, dll, Insya Allah akan lebih menyatukan rasa persudaraan kita.

Unknown mengatakan...

Assala mualikum saya murid dari pps pandawa tanjung pinang saya suka dengan blog ini

Unknown mengatakan...

Assala mualikum saya murid dari pps pandawa tanjung pinang saya suka dengan blog ini

Unknown mengatakan...

Asslm, saya anggota PPS Pandawa Palembang. Salam kenal semua.

Unknown mengatakan...

SALAM WALAGRI ATI DARI PPS PANDAWA PUSAT SUMBAR

Yuda mengatakan...

Assalamualaikum, salam persaudaraan dari PPS PANDAWA LENGKONG PANDAWA TASIKMALAYA JABAR

Unknown mengatakan...

SUMBAR DI MANA NYA MAS?

Unknown mengatakan...

Mas boleh ikut gabung g?

Unknown mengatakan...

Salam Silaturahmi,dari Kami penerus Aki Udin salah satu sesepuh yg mendirikan perguruan Sport Hawa Murni

Unknown mengatakan...

Salam dari padepokan sepawon kediri jatim